Jumat, 20 Januari 2012

Makanan makanan nikmat khas Kota Samarinda



Nasi Kuning dan Lontong
Nasi kuning dan lontong merupakan makanan paling favorit masyarakat Samarinda untuk sarapan pagi dan dapat juga sebagai menu makan siang. Ciri khas nasi kuning Samarinda adalah lauknya berupa ikan haruan (gabus), daging sapi, telur dan soun, dengan taburan serondeng (kelapa parut goreng) dan bumbu bali. Sedangkan lontong adalah lontong berkuah santan dengan lauk seperti pada nasi kuning. Banyak tempat di Samarinda yang menjual nasi kuning dan lontong. Salah satu tempat yang menjual nasi kuning dan lontong yang enak ada di jl. Aminah Syukur, dekat perempatan jl. AR Hakim, Samarinda.




 Buras dan Laksa
Masih di sekitar jl. Aminah Syukur, persisnya di jl. Cut Mutia RT. 01 No. 24, Samarinda; kamu dapat menikmati buras dan laksa yang sangat enak. Pemiliknya, Haji Djamaluddin, telah membuka usaha ini sejak 1970-an. Saat ini warung buras dan laksa ini dijalankan oleh anaknya yang bernama Fitri. Buras dan laksa biasa disajikan dengan kuah ikan haruan yang ditumbuk halus dan bersantan. Kamu juga dapat menambahkan potongan ikan haruan, telur dan lain-lain sebagai lauknya.

  
Tahu Tek 

Tahu Tek yang sebenarnya adalah makanan khas rakyat Jawa Timur ini terdiri dari tahu goreng yang dipotong-potong dengan menggunakan gunting, ditambah dengan taoge, irisan lontong dan mentimun, serta ditaburi dengan bumbu petis dan kerupuk. 

  
Rasa dan aroma kuah Soto Banjar sangatlah khas, ini yang membedakan Soto Banjar dengan soto lainnya. Bahan-bahan lainnya, seperti: perkedel, telor, soun, ayam suwir, seledri, bawang goreng dimana-mana hampir sama saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar